Langsung ke konten utama

Musim hujan ketiga

Mendung menggelayut di langit sisi timur. Awan tebal itu seakan menunjukkan kekuatan tuk turunkan hujan. Bunga pohon rambutan depan rumah mulai berjatuhan tertiup angin. Pertanda musim hujan akan segera datang. Dan itu mengingatkan Nayla pada musim hujan 2 tahun lalu.

Musim hujan waktu itu menjadi saksi pertemuan Nayla dan Senja.
Alam yang mempertemukan dan menyatukan Nayla dan Senja menembus jerat-jerat logika.

Perkenalan yang terjadi karena ketidaksengajaan itu berawal ketika Nayla harus meninggalkan kota Bandung. Pekerjaan sebagai koordinator di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat peduli kemanusiaan untuk membantu korban banjir di Jawa. Pekerjaannya memang menuntut Nayla harus berpindah dari satu kota ke kota lain.

Saat membantu evakuasi korban di Desa Bandaran, salah satu desa di Jawa Tengah yang paling parah di terjang banjir, Nayla bertemu Senja.

Senja menabrak badan Nayla yang mungil...
Nayla hanya menatap wajah Senja sesaat setelah badannya terimbas benda hidup yang berukuran dua kali lipat darinya.

”Maaf ya..aku ga sengaja...Sakitkkah ?” Senja langsung mengucap maaf
”Enggak... cuman kaget aja..” Nayla meringis
”Sini aku bantu berdiri..” Senja mengulurkan tangan dan memegang tangan Nayla

Pembicaraan singkat Nayla dengan Senja. thats it is..itu saja. Nayla kemudian beranjak pergi, sementara Senja kembali memainkan lensa kamera untuk liputan khusus majalahnya.

**
Senja memperlihatkan hasil jepretannya kepada Rio teman se-profesinya. Rio melihat satu persatu foto Senja di meja.
”Hmm..keren bro. Nice pic. kena tuh sisi human-nya..”
”Eee tunggu dulu..kayaknya gw kenal ni ma cewek yang ada di foto elo,” tiba -tiba Rio menunjuk salah satu perempuan yang ada di foto Senja.

”Sapa yang loe kenal, orang gue motret korban banjir," Senja pun jd penasaran dan memperhatikan hasil jepretannya.

”Itu..tu cewek pake baju item, yg lagi bantu evakuasi” jelas Rio.

”Hiiks..itu cewek yg ga sengaja gue tabrak waktu gue motret 2 hari lalu. Jadi lu kenal ni cewek..kenal dimana loe...dasar buaya”

”Ngaco ah, itu kan temen SMP gue waktu di Semarang, namanya Nayla. Kemarin waktu hunting di lokasi banjir juga sempet ketemu. Tapi bentar jadi ga sempet ngobrol banyak.
Kenapa...lo naksir..ya?? dimintain nomor telpon nya dong..hmm.. buaya kayak lu ga kreatif sih,” ledek Rio sambil berlalu dari hadapan Senja

**
Esoknya, Senja sengaja menuju lokasi banjir tempat dimana ia bertemu Nayla
”Kenapa aku jadi memikirkan dia ya..dasar Rio. Kampret satu itu emang kompor. Tapi penasaran juga, orangnya manis..heee.” gumam Senja.

Hingga waktu beranjak petang, pencarian Senja nihil, bahkan foto pun tidak ia dapatkan.
”Duuh..kenapa gue jadi blank gini ya. Jangan-jangan gara-gara cewek itu. Inget tatapannya waktu itu kenapa pikiranku jadi ga keruan kayak gini. Payah....”

Akhirnya Senja kembali ke basecamp.
”Loe punya nomor hape Nayla ga,” tanya Senja
”Tumben lu nanya gitu. Lagian buat apa, mo lu kecengin ya,” tebak rio.

”Jangan ngawur ah..ni gue lagi nyari data buat tulisan gue.nah dia kan orang LSM, bisa lah kasih statement apa kek..toh dia juga di lokasi banjir,”

”Halah..alasan aja lu..ni nomornya..buruan catet,” kata Rio sambil menyodorkan ponselnya.

***

”Halo...ni Nayla ya, gue Senja dari majalah Jurnal Green. Bisa ketemu hari ini ga buat wawancara soal banjir kemarin. ada waktu..?” cerocos Senja di telpon.

”Hmm..bentar ya, aku cek jadwal dulu...
”Ya..ya, bisa. Ga lama kan ? Soalnya aku musti nyelesein laporan dan ga bisa keluar hotel.” jawab suara di ujung telepon Senja.
”Oke dech..kalo gitu aku samperin ke hotel, biar lebih enak. Satu jam lagi aku sampe. Bisa tunggu di lobi..?” pinta Senja.
”Ya..”
”Terimakasih...” Senja menutup teleponnya.

***
”Kenapa gue jadi deg-degan kayak gini,” gumam Senja saat memasuki lobi hotel Sentani tempat Nayla menginap.
”Nayla ya..?” ucap Senja saat menghampiri perempuan duduk di sofa lobi hotel.
Nayla tersentak kaget. ”Bukanya ni orang yang kemarin nabrak gue,” pikirnya.
”Senja..??
”Iya..kamu kaget ya, ternyata aku orang yang menabrakmu waktu itu. Aku minta maaf,”

Dan mata keduanya saling bertatapan. Sejurus kemudian keduanya baru menyadari tangan mereka masih berjabat tangan.

”Ehh..maaf..” tiba-tiba Nayla tersentak
”Kok jadi begini..” sambil melepas jabatan tangan nya dan mengalihkan pandangan ke arah sofa sebelahnya dan mempersilahkan Senja duduk.

***

Awal Obrolan di sofa lobi hotel berlanjut dengan pertemuan lain.
Entah kapan pastinya cinta mereka bersemi, yang jelas keduanya kemudian menjalin hubungan percintaan.

”Lho..N ayla..??? ngapain kamu di sini..? tanya Rio.
”Hey..enggak ada apa-apa. Aku nunggu Senja.” jawab nayla singkat.

”Senjaa..???!!!! Senja Kemal Putra maksud mu?? Rio memastikan.
”Hmm..ada apa ini.. Jangan-jangan kalian pacaran..hayo ngaku. Tapi bukannya....” tiba-tiba Rio berhenti bicara.
”Ya udah, gue cabut dulu ya…” Rio meninggalkan Nayla yang melongo menunggu perkataan Rio yang terputus.
”Ya dech..keep in touch ya..” sambung Nayla.

***

”Nay..dinner yuk..tar malem aku dateng,” suara Senja diujung telepon.
”Iya..bisa. kok tumben pake dinner-dinner segala,” jawab Nayla.
”Emang ga boleh pake bahasa gaul...pengen makan bareng aja. Kan dah seminggu kita ga ketemu..ya udah tunggu aja, jam 7 tar aku samperin,”

Suasana warung dadakan gelaran di sepanjang jalan Hastina ditambah cahaya remang memang membawa suasana romantis. Ke duanya asyik saling cicip pesanan masing-masing.

”Nay...aku mo ngomongin soal hubungan kita,” ucap Senja serius.
”Jujur , aku sayang banget ma kamu. Sejak pertama ketemu. Rasa itu dah ada. Dan aku ada di sini sama kamu itu suatu kebahagiaan,”

”Jangan berlebihan gitu ah..,” sela Nayla.
”Aku coba ungkapin perasaanku ke kamu kok . tapi ada sedikit masalah Nay..”

”Katanya sayang kok ada masalah..??” sorot mata tajam Nayla menatap Senja.
”Begini..aku mo jelasin sesuatu. Tapi janji kamu ga marah ma aku...”

”Kamu tahu kan aku sayang kamu... Tapi..tapi.. sebenarnya aku juga punya hubungan dengan seseorang. Dan itu dah cukup lama,” ucap Senja lirih.

”Apa..!!!! jadi selama ini kamu bohongin aku...” teriak Nayla.
”Bukan begitu Nay..sabar dulu tahan emosimu...”
”Memang..aku akui aku punya hubungan lain. Tapi setelah sekian lama aku merasa bahwa aku tidak bisa menjalani hubunganku lagi.” Senja mencoba memberi penjelasan kepada Nayla.

”Terus..kenapa tidak kau putus saja dan memulai hubungan baru. Bukan seperti ini caranya. Kamu justru mencari masalah baru !! ” Nayla meradang.

”Aku ga tahu caranya..aku juga bingung. Stuck..”
”Aku cuman merasa ga enak saja karena aku sudah jalin hubungan 5 tahun dengannya. Dan dia sudah terlalu dekat dengan keluargaku sampe aku sendiri ga tahu gimana caranya mengakhiri...” Senja kembali memberi penjelasan.

”Gila kamu..trus apa maksudnya hubungan kita ini. Just for fun buat kamu!!!
”Kamu sengaja mempermainkan aku..tega kamu ya. Bener-bener Ga nyangka!!” ucap Nayla Ketus.

Tiba-tiba hape Senja berdering.
Senja terdiam, raut mukanya berubah saat melihat layar telepn genggamnya.
”Dah..diangkat aja,aku tahu. Itu pasti pacarmu yang telepon,”

Entah apa yang mereka bicarakan, hanya saja Nayla menangkap sedikit pembicaraan Senja
”...lagi makan. Aku belum bisa pulang...tar ya aku khabari lagi..dah..” ponsel ditutup.

Jantung nayla berdesir..serasa ada api di ubun-ubunnya. Tulang-tulang serasa lenyap dalam tubuhnya. Lidahnya kelu.
”Aku harus cepat pergi dari sini..aku tak peduli lagi. Tapi kenapa badanku sepetinya engan beranjak dari sini,” batin Nayla.
”Oh my God..please help me, kegilaan apalagi ini. Siapa sebenarnya sosok yang ada di hadapanku. Kenapa ia begitu tega. Sosok yang kuanggap malaikat yang kau kirim untukku tiba-tiba berubah menjadi monster mengerikan,” jerit batin Nayla.

”Maaf ya yank…tadi Putri yang telepon.
”Jadi namanya putri,” batin Nayla sambil berusaha mengendalikan emosi. Meski muka Nayla nanar.

”Aku ga bermaksud menyakiti kamu...” ucap Senja sambil berusaha meraih tangan Nayla.

”Ya sudah..sekarang gimana ?” tanya Nayla.
”Iya..aku harus memutuskan. Tapi aku butuh waktu. Please.........” jawab Senja.
”Kamu mo memutuskan pilih aku atau Putri..dan kamu minta waktu,” cecar Nayla.
”Ya..aku mohon...kamu kan tau kondisiku seperti apa ,”
”Gila kamu ya..maksudmu apa sich. Kamu minta waktu buat mikir mo milih aku atau Putri. Aku ga tahu kondisimu seperti apa, dan aku ga peduli lagi,”
”Ooohh..shiitt..shiiitt..” Nayla terus mengumpat

”Please jangan bilang seperti itu. Aku benar-benar sayang kamu, aku cinta kamu Nay..” rengek Senja.
”Iya..dan kamu juga sayang dengan Putri, cinta dengan Putri, begitukah maksudmu..!!! teriak Nayla.

”Sudahlah..ga ada gunanya lagi berdebat, apapun keputusanmu, pilihanmu..aku tidak perduli ,” jelas Nayla sejurus kemudian.
”Aku juga berhak memutuskan dan membuat pilihan. Menurutku..lebih baik kau jalani saja hidupmu dengan Putri, apalagi semua keluargamu sudah mendukungmu,”

”Tapi Nay..,” rengek Senja.
”Aahhh..sudahlah, tidak perlu merengek seperti itu. Pulang saja lah dan temui Putri...”
”Aku yakin kamu akan lebih nyaman bersamanya, dibanding bersamaku. Ini mungkin yang terbaik buat kamu. ”
”Aku sudah salah menilai..Selamat tinggal...”

Nayla beringsut dari tempat duduknya...dan meninggalkan Senja.
”Nay..tunggu..!!” Senja menarik tangan Nayla dan memeluknya erat

”Lepaskan....lepaskan kataku !! Nayla berontak.
”Kamu pasti tahu apa yang aku rasakan saat ini. Terimaksih atas kebersamaannya.”
”aku akan selalu ingat..”
Nayla berlari meninggalkan Senja sendiri....

***
-29 Desember, musim hujan pertama-

Komentar

noni arnee mengatakan…
apa nih maksudnya....
diperjelas dunk pak
ni lagi usaha bermain-main dengan imajinasi......

Postingan populer dari blog ini

miyabi ato maria o(s)awa........

kemarin siang ga sengaja mampir ke tempat penjualan DVD yang ada di lantai dasar matahari plasa simpang lima setelah 10 menit milih-milih n nyoba beberapa film di layar kaca milik si penjual. tiba-tiba ada seorang laki-laki paruh baya berkulit putih dan bermata sipit datang dan mendekat ke arah kasir clingak-clinguk liat sekeliling toko yang emang lagi ga banyak pengunjung "hmm...kok mencurigakan ni orang.jangan-jangan.."pikirku "mbak..ada miyabi ga ?"tanya lelaki itu. "apa itu ?? enggak ada, adanya maria osawa." tapi dengan segera si mbak penjaga toko meralat. "oooo..maria o(s)awa ya...hee..ada tapi cuma dua koleksinya"jawab penjaga toko "ya, dua-duanya..."jawab si om singkat dengan nada pelan, obrolan lelaki itu berlanjut dengan penjaga yang lain "pengen liat aja, wong di Jakarta lagi ngetrend. ini ambil dimana?? Jakarta apa Batam mas?? "di Jakarta aja kok. tapi ga banyak ambilnya......"kata penjag

Here's Yours

I want to share my feelings And I don't know how to start But every single word I say Is coming from my heart The first time that I met you All you said was "Hi" It was really just a simple word But it took my breath away You were very fun to talk with You were extremely sweet and kind I was in love with every thing you said You were amazing in my mind You fill my days with brightness You lift me up when I feel blue You make me feel like I'm someone special So I'd do anything for you For you, I'd walk across the desert So hot, without a breeze For you, I'd dive into the ocean And be swallowed by the seas I barely even know you, So this may be a surprise There's nothing that you could do wrong Because you're flawless in my eyes I always wonder where you are And I wish I could be there You're probably so far away But I can feel you everywhere. You're the constant beating in my heart You're the blood rushing t

Kisah Negeri Dongeng #1

Ini perjumpaan pertama. Jarum jam menunjuk angka 11. Malam. Hawa dingin menusuk menyusup ke tulang merangsek di sela sweater. Bibir Sophia bergetar menahan terpaan angin malam. Tangannya mencari penghangat. Ke dua ujung lengan sweater ditariknya membungkus jemari. Nyala lampu jalan sesekali menyambar gelap di sepanjang jalan yang dilewati bersama Thomas. Seperti sambaran rengkuhan tangan kiri lelaki yang baru ditemuinya.  "Biar hangat," jelasnya singkat. Sophia menarik tangannya menjauh. Jengah. Dia tak terbiasa dengan itu. "Kenapa ?" Thomas penasaran. "Nggak....." Sophia menjawab singkat. Sekiranya hanya 15 menit sebelum tiba di tempat simbol perlawanan pernah menjejakkan kaki di bangunan berlantai coklat itu... Thomas mulai mendongeng. Tentang cerita perjalanan lelaki tampan kelahiran Jamaica menemukan negeri tapak tua.  Meluncur dari bibir Thomas. Menemani perjalanan di tengah malam menuju negeri temuan. Sebuah tempat yang kini masyur